ja_mageia

Selamat datang di website IKA UII - sarana berbagi informasi kegiatan alumni Universitas Islam Indonesia
73 Tahun, UII Turut Berperan Membangun Pendidikan di Indonesia PDF Print E-mail
Wednesday, 04 May 2016 00:00

Universitas Islam Indonesia (UII) kembali memperingati hari kelahirannya, yang kali ini telah memasuki uisa ke-73 tahun. Bertempat di Auditorium Kahar Muzakkir, Kampus Terpadu UII pada Rabu (4/5), acara peringatan berlangsung dengan khidmat. Peringatan ini sekaligus menjadi bukti nyata kiprah panjang UII turut serta membangun ranah pendidikan di Indonesia.

Turut hadir diantaranya, Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof. Ainun Na’im, Ph.D, Koordinator Kopertis Wilayah V, Dr. Bambang Supriyadi, CES, DEA., Ketua Pengurus Yayasan Badan Wakaf  UII, Dr. Ir. Luthfi Hasan, MS., para Guru Besar dan Anggota Senat UII, serta Tenaga Edukatif dan Tenaga Kependidikan di lingkungan UII.

Pada peringatan milad UII ke-73 dipilih tema “Meneguhkan Nilai Islam menuju Universitas yang Berdaya Saing Global”.  Tema ini seperti disampaikan Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc. dalam pidatonya, pemilihan tema guna meneguhkan kembali nilai-nilai Islam sebagai motor penggerak menuju UII yang berdaya saing global.

Disampaikan Dr. Harsoyo, tantangan dalam dunia pendidikan tinggi semakin meningkat setelah Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) diberlakukan. Di sisi lain, upaya UII untuk meraih keunggulan sampai saat ini juga dinilai masih belum tampak sebagai suatu hasil pengimplementasian nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran, etos kerja, pengembangan sistem, karakter mahasiswa dan alumni maupun reputasi institusi.

Read more...
 
Live di UII, Suara Rakyat tvOne Bahas Kepemimpinan Indonesia Masa Depan PDF Print E-mail
Tuesday, 03 May 2016 00:00

Sejak era reformasi bergulir, masyarakat Indonesia semakin terbuka dalam memilih kriteria seorang pemimpin. Masyarakat tidak lagi memilih pemimpin berdasarkan patokan etnis. Pemimpin tidak harus berasal dari golongan etnis tertentu. Justru yang mendapat perhatian masyarakat adalah kapabilitas kepemimpinan, kualitas, dan gaya kepemimpinan dari calon pemimpin. Masyarakat juga menginginkan pemimpin yang peduli pada kesejahteraan rakyat, sederhana, dan serius dalam memberantas korupsi.

Demikian pandangan yang mengemuka dalam program Suara Rakyat yang disiarkan oleh tvOne secara live di Auditorium Kahar Muzakkir, kampus terpadu UII pada Senin malam (2/5). Pandangan masyarakat tersebut dihimpun dari berbagai hasil survei yang dilansir oleh lembaga survei Indo Barometer. Ketiga narasumber yang tampil dalam acara ini, yaitu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedy Mizwar, dan budayawan, Prie GS.

Sivitas akademika UII yang terdiri dari mahasiswa dan dosen nampak antusias memadati gedung auditorium untuk melihat langsung acara yang dipandu oleh Effendi Gazali dan Muhammad Qodari itu. Setidaknya terdapat lebih dari 1.200 peserta yang mengikuti siaran live di Auditorium UII.

 

Read more...
 
Novel Biografi, Untuk Usia Mahfud MD Ke-57 PDF Print E-mail
Tuesday, 13 May 2014 00:00

Jakarta, GATRAnews - “Cahaya-Mu Tak Bisa Kutawar: Novel Biografi Mahfud MD” demikian judul novel biografi karya Aguk Irawan MN. Novel itu menjadi spesial karena diluncurkan Rabu, 13 Mei, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun mantan Ketua MK, Mahfud MD.

"Novel ini setelah acara Pagelaran Budaya Nusantara di Taman Budaya Jogja, sebagai kado ulang tahun untuk Mahfud MD," ungkap koordinator Gerakan Indonesia Satu (GIS), Sumitro Sufian, kepada wartawan.

GIS sendiri merupakan gerakan masyarakat yang mendukung Mahfud MD maju sebagai Capres maupun Cawapres. GIS didukung oleh berbagai elemen seperti DPW IKA UII DIY, Forum Pemuda Lampung, Sahabat Mahfud.

"Gelar Budaya Nusantara 2014 ini diikuti oleh 18 propinsi di Indonesia, dan puncak acara akan diselenggarakan Launching Novel tersebut," tandas relawan Mahfud MD itu.

Read more...
 
Gelar Budaya Nusantara 2014 Tampilkan 18 Kelompok Kesenian PDF Print E-mail
Monday, 12 May 2014 00:00

Salah satu kesenian daerah yang ditampilkan dalam Gelar Budaya Nusantara 2014 (Foto: jh kusmargana)


YOGYA (KRjogja.com) - Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII) bekerjasama dengan Forum Pemuda Lampung (Formula) dan didukung Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Nusantara menggelar acara Gelar Budaya Nusantara 2014 di Yogyakarta 11-13 Mei.

Acara tersebut secara resmi dibuka oleh Kepala Dimas Kebudayaan DIY, GBPH Yudhaningrat bertempat di Monumen Serangan Umum Satu Maret Yogyakarta, Minggu (11/05/2014) malam.

Mengangkat tema, Cinta Budaya Nusantara, acara Gelar Budaya Nusantara 2014 ini akan digelar selama tiga hari dengan menampilkan 18 kelompok kesenian yang berasal dari berbagai daerah di Nusantara. Yakni bertempat di Monumen Serangan Umum Satu Maret dan Gedung Societed Military Taman Budaya Yogyakarta.

Ketua Bidang Budaya dan Olahraga Dewan Pimpinan Daerah IKA UII DIY, Tri Rubianto mengatakan acara ini diharapkan dapat menjadi wahana serta kebangkitan eksistensi lokal budaya, Sehingga masyarakat berperan dalam kancah globalisasi.

Selain itu ia juga berharap nilai-nilai lokal dapat memberikan kontribusi terhadap wawasan nusantara. Tanpa adanya acara semacam ini dikuatirkan budaya daerah akan terpinggirkan bahkan mati dengan sendirinya sehingga tidak dikenal generasi berikutnya.

"Kita berharap Gelar Budaya Nusantara ini bisa menjadi tontonan sekaligus juga bisa menjadi tuntunan bagi masyarakat pada umumnya dan warga Jogja pada khusunya," katanya.(M-1)

 

Sumber: krjogja.com

 

 

 
IKA UII Gelar Diskusi Fenomena Artidjo Alkostar PDF Print E-mail
Tuesday, 04 March 2014 00:00

Ikatan Alumni (IKA) Universitas Islam Indonesia menggelar diskusi publik bertajuk “Harapan Penegakan Hukum, Fenomena Artidjo Alkostar” di Jakarta, Selasa (4/3).

Sesuai dengan tema diskusi, Pantia Diskusi Publik yang diketuai advokat Ari Yusuf Amir mengundang sejumlah akademisi dan praktisi hukum untuk berbicara atau memberi testimoni terhadap Hakim Agung Artidjo Alkostar. Beberapa yang hadir di antaranya adalah mantan Ketua MK Mahfud MD, Ketua KY Suparman Marzuki, Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas, Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab, Dosen Filsafat Hukum Shidarta dan lain sebagainya.

“Mas Artidjo adalah seorang ideolog hukum. Putusan-putusan perspektif hukum Artidjo menerapkan nilai-nilai transedental kemanusiaan di atas pasal-pasal,” sebut Busyro Muqoddas.

Habib Rizieq berharap ke depan lahir penegak-penegak hukum yang adil dan jujur seperti Artidjo. "Beliau adalah ahli hukum. Muslim yang taat. Mudah-mudahan istiqomah hingga akhir hayat," ujarnya.

Beberapa pejabat negara lain juga memberi testimoni tertulis terhadap Artidjo meski mereka tak hadir dalam diskus ini. Mereka adalah Jaksa Agung Basrief Arief, Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai, dan Wakil Ketua MPR Harjiyanto Thohari.

Acara diskusi ini ditutup dengan pidato hukum oleh Artidjo Alkostar.

Sumber: www.hukumonline.com

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 1 of 13
Banner
Banner
Banner

Success Story

Follow IKA on Facebook




Banner
Bagaimana menurut anda situs IKA yang baru ?